Bagas Karyadi
Shalom! Anda tinggal di Jakarta? Bergabunglah ke dalam KRISTA: Komunitas Kristen Jakarta, klik di sini!

3 Alasan Orang Kristen Tidak Boleh Menikah Beda Agama


Saudaraku, Renungan Harian Kristen yang saya tulis kali ini akan membahas mengenai alasan orang Kristen tidak boleh menikah beda agama.

Saudaraku, mengapa orang Kristen tidak boleh menikah dengan orang yang berbeda agama? Sebelum menjawab pertanyaan ini, kita harus tahu dulu, apa tujuan pernikahan dalam Kekristenan? 

Menikah adalah salah satu cara untuk menyelenggarakan ibadah yang sejati kepada Tuhan. Dengan demikian, tujuan pernikahan hanya satu, yaitu menyenangkan hati Tuhan.

Jadi, apakah orang Kristen wajib menikah? Tidak! Mengapa? Karena menikah hanya salah satu cara untuk menyelenggarakan ibadah kita. Setiap orang memiliki panggilannya masing-masing, apakah ia harus menikah atau tidak.

Mari kita kembali pada pertanyaan inti dari judul renungan ini. Mengapa orang Kristen tidak boleh menikah dengan orang yang berbeda agama?

Saya tidak menyatakan bahwa orang-orang non-Kristen adalah orang-orang jahat sehingga kita tidak boleh menikah dengan mereka. Banyak orang-orang non-Kristen yang baik-baik.

Namun, jika mereka benar-benar baik, bukan berarti kita boleh menikahi mereka. Baiklah, jadi begini. Berdasarkan tujuan pernikahan yang sudah saya tulis, kita akan menemukan tiga alasan, mengapa orang Kristen tidak boleh menikah beda agama.

PERTAMA. Jika kita menikah beda agama, mustahil kita bisa bekerja sama dengan pasangan kita untuk menyenangkan hati Tuhan.
Pernikahan adalah sebuah kerja sama antara dua individu untuk menyelenggarakan hidup dalam rangka menyenangkan hati Tuhan. Jadi, bagaimana mungkin kita bisa bekerja sama dengan orang yang tidak percaya Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juru Selamat? Bagaimana mungkin kita bisa menyenangkan hati Tuhan bersama orang itu? Pikirkan itu!

KEDUA. Jika kita menikah beda agama, kehidupan kita akan selalu menjadi batu sandungan bagi banyak orang.
Banyak orang yang akan terluka oleh karena keputusan sembrono yang telah kita perbuat. Mereka akan mendapati kita sebagai orang Kristen yang tidak taat.

KETIGA. Jika kita menikah beda agama, hati Tuhan akan disakiti.
Mengapa? Karena Tuhan tidak menginginkan terang dan gelap bersatu. Tuhan tidak menghendaki anak-anaknya menjadi satu dengan anak-anak gelap. Jika kita tetap ngotot untuk menikah beda agama, berarti kita tega menyakiti hati Tuhan.

Jika ada pertanyaan, bolehkah kita menikah dengan orang yang beragama Katolik? Saya akan menjawab, ya boleh saja karena mereka memiliki iman yang sama terhadap Tuhan Yesus Kristus. 

Sebenarnya, inti masalahnya adalah jangankan menikah beda agama, menikah dengan yang seagama pun, kita mesti berhati-hati! Mengapa? Ya, kita harus berani membuktikan, apakah ia benar-benar orang Kristen yang sejati? Apakah ia benar-benar orang Kristen yang Tuhan kehendaki buat kita?


Jadi, jika menikah dengan orang seagama saja kita harus berhati-hati, apalagi jika menikah dengan orang yang berbeda agama. Berdasarkan tiga alasan tadi, saya rasa sudah jelas dan mutlak, orang Kristen tidak boleh menikah dengan orang yang berbeda agama. Amin.

2 Korintus 6:14
Janganlah kamu merupakan pasangan yang tidak seimbang dengan orang-orang yang tak percaya. Sebab persamaan apakah terdapat antara kebenaran dan kedurhakaan? Atau bagaimanakah terang dapat bersatu dengan gelap?


Salam kebenaran,

Bagas Karyadi, M.Th.
 087871110565
Facebook: fb.com/bagas.karyadi

Catatan:
  • Dapatkan buku rohani Rahasia Jodoh Kristen: 7 Cara Ajaib Menemukan Jodoh dari Tuhan, klik di sini!
  • Jangan lupa, ikuti juga Facebook saya supaya tidak ketinggalan Renungan Harian Kristen terbaru! Anda juga dapat bertanya atau berkonsultasi tentang Kekristenan atau pergumulan hidup Anda melalui Facebook saya.
  • Facebook: fb.com/bagas.karyadi
  • Anda juga dapat membaca renungan-renungan saya yang lainnya di blog ini. Saya yakin masih banyak renungan-renungan bermanfaat yang belum Anda baca.
  • Jika Anda merasa diberkati, silahkan bagikan renungan ini.

93 Responses to "3 Alasan Orang Kristen Tidak Boleh Menikah Beda Agama"

Decky said...

Terima Kasih utk renungannya. Maju terus dalam Iman Kristen = Jesus follower. Amien

Drs Budhy Soesetyo said...

Yesus hanya mengatakan : "Yang dipersatukan oleh Allah janganlah diceraikan oleh manusia". Gereja Katholik Roma tetap mengesahkan pernikahan beda agama atas ijin Uskup setempat.

Bagas Karyadi said...

Iya sama2.. Tetap setia ikut Tuhan ya.. :)

Bagas Karyadi said...

Ya boleh2 saja.. yang jelas 3 alasan yang saya sebutkan di atas bisa membuat kita berpikir ulang untuk mengambil keputusan itu.. :)

Valentino Petrucci said...

Jadi apa betul tuhan itu satu ? Bukankah setiap agama mempercayai adanya 1 tuhan ?
Apa kita mesti dikelompokkan kedalam suatu agama tertentu untuk bisa dibilang berbakti kepada tuhan ? Bukankah agama itu ciptaan manusia agar kita menyembah tuhan ?
Dengan penjelasan diatas, kesimpulannya berarti tuhan itu mau kita semua itu seragam baru bisa bersatu.
Terus apa bedanya manusia dengan binatang, kan hanya binatang yang hanya mau bersatu kalau satu jenis,

kalaupun manusia berbeda agama itu bersatu, apakah itu hasil dari bujukan setan yang menggoda manusia, jadi apa yang dimaksud dengan takdir tuhan ? Bukankah tuhan maha kuasa, dan dia yang menentukan segalanya...

Valentino Petrucci said...
This comment has been removed by the author.
samsul hanafie said...

Yang saya masih bingung kenapa tuhan kristen seorang manusia?kenapa tuhan kristen harus repot2 menebus dosa manusia?menebus ke siapa?pastinya ada yang lebih tinggi derajatnya diatas dia?bukankah tuhan itu maha kuasa?

Bagas Karyadi said...

Tuhan mau ada kerja sama yg solid dlm pernikahan. Tujuan pernikahan adalah menyenangkan hati Tuhan. Silahkan baca ulang tulisan saya :-)

Bagas Karyadi said...

Maaf pertanyannya di luar konteks tulisan saya. Silahkan bertanya sesuai konteks :-)

samsul hanafie said...

Bingung juga ya mau jawab?

Bagas Karyadi said...

ngejawabnya gampang banget, silahkan tanya saya secara personal.. di kolom komentar ini, saya hanya menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sesuai dengan konteks tulisan saya. :)

Dedy Nugroho said...

Jangan mengurusi urusan orang lain,beda agamapun kalo jodoh pasti akan menjadi satu,dan itu takdir,bukan karena hal apapun,

Valentino Petrucci said...

Jika pernikahan itu untuk menciptakan kerja sama yang solid dan untuk menyenangkan hati tuhan, jadi apa pernikahan beda agama itu bukan untuk menyenangkan hatinya tuhan. Kan tuhan yang menentukan jodoh manusia.
Dengan kata lain apa tuhan menjodohkan manusia yang berbeda agama untuk menyusahkan hatinya.

Maringan Kyo said...

Tapi kan untuk dapat menikah beda agama dalam KAtolik ada Syarat dan prasyarat yang harus dipenuhi terlebih dahulu, bila tidak dipenuhi, Uskup tak akan mau mengesahkan Pernikahan beda agama tersebut :)

Maringan Kyo said...

saya tidak begitu percaya takdir. karena di katakan di Alkitab bahwa kehidupan Umat yang percaya Kepada Kristus itu sudah direncanakan oleh Tuhan Yesus terlebih dahulu, jadi tidak mungkin Tuhan Yesus mempersatukan gelap dengan terang untuk terus berjalan bersama-sama menuju Surga. bila pun hal demikian terjadi Tuhan Yesus pasti lah telah berkerja didalam kehidupan orang-orang tersebut :) kerena tak ada yang Mustahil Bagi-Nya :)

ael ara said...

bapa sy juga mengajarkan sy agar menikah dengan yg seagama, waktu itu alasannya simpel, supaya ga repot kedepannya (berumahtangga) ..itu jd pegangan sy smp sy menikah..dan itu benar,ketika mengalami kesulitan hidup, kami berdua berdoa bersama dan saling menguatkan dalam iman..JBU

victoria sinaga said...

trima kasi yaa atas renunganx, sukses sllu dlm playanan yaa, Tuhan Yesus membrkati.

jhon miduik said...

Tuhan itu cuma satu, cuma masalahnya kenapa agma memisah2kan hak dan berkat dari Tuhan itu?? Menurut saya bukan hanya alasan diatas semata, tetapi paradoks manusia yang menjadi penganut agama itu tidak ingin melihat aggota jemaatnya meninggalkan agamanya

samsul hanafie said...

Bileh usul? Gimana kalau next postingan tema itu aja..ya barangkali bisa memperkuat iman atau sebaliknya..

Anonymous said...

Maaf numpang nimbrung,
Mnrtq di alkitab nda ada istilah jodoh shingga g da jg istilah " kt udh ndak sepaham, sepertinya sampai disini jodoh kita -trs cerai "
Di alkitab cuma ada
" Aku ( Tuhan ) akan menjadikan penolong baginya (adam), yang sepadan dengan dia "
Sejak awal Tuhan punya spesifikasi seorang istri yg paling baik unt seorang suami, yaitu penolong yang sepadan.
Jadi penolong saja ndak cukup harus sepadan ( seiman contohnya) byr seimbang.
Jadi sepadan aja ndak cukup hrs penolong yg sesuai, krn tiap manusia punya Tujuan hidup, penolong ada untuk menolong unt bisa lbh move cz berdua lbh baik drpd 1org apalagi penolongny sesuai, pekerjaan bs lbh cpt n ringan tp bayangkan klo penolongnya ndak sesuai????
Dr yg q tahu sampai skrg itu sih, spesifikasi pasangan hidup awal mula, awal mula pernikahan di dunia,
Spesifikasinya "penolong dan sepadan "
Jd mnrtq ndak baik jk kt membelokkan spesifikasi awal.
Mnrtq itu sih, maaf jika ada salah kata² ato kalimat cz baru bljar.
Trima kasih.

Anonymous said...

Di kampung sya banyak prempuan beragama kristen nikah lelaki islam.

Anonymous said...

Menurut lho gi mna gan.. Itu mrusak kpercayaan kta gk ych! Y jlaz laa mrusak kpercayaan satu sma lain.. Klau prempuan itu cinta gi mna juga gan! Salam 3 jari

Anonymous said...

Harap diingat, katolik itu bukan kristen. Tampak luarnya saja mereka menyembah yesus padahal di dalamnya busuk. Mereka juga menyembah bunda maria dan para santo. Lagipula, paus tidak pernah ada disebutkan di alkitab. Dari mana asalnya ada paus sebagai pemimpin umat tertinggi? Pemimpin umat tertinggi itu yesus. Di alkitab juga tidak ada himbauan untuk hidup selibat. Kalau anda mau tahu lebih banyak tentang betapa melencengnya ajaran dan doktrin katolik dari ajaran yesus dan alkutab, anda harus baca buku "the antichrist conspiracy" karangan edward henry. Sudah bisa diunduh secara gratis...

Bagas Karyadi said...

Boleh :-)

Bagas Karyadi said...

Dedy: jodoh memang di tangan Tuhan tapi tidak ada yg tahu pasti. Yg jelas keputusan menikah ada di tangan kita. :-)

Bagas Karyadi said...

Siapa yg tau itu jodoh dr Tuhan? Jodoh dr Tuhan itu tandanya seperti yg Alkitab ajarkan. Kalo mau ikut pikiranmu sendiri ya monggo.. Saya ikut pikiran Alkitab. :-)

Bagas Karyadi said...

Mantab!! Jbu too :-)

Bagas Karyadi said...

Sama2. Jbu too :-)

Bagas Karyadi said...

Makanya kita mesti berTuhan. Orang yg berTuhan pasti taat Alkitab, bukan taat pikiran sendiri. :-)

Bagas Karyadi said...

Mantab! :-)

Bagas Karyadi said...

Kok bisa?

Bagas Karyadi said...

Pilih aja, mau cinta Tuhan atau cinta manusia yg gak bisa jamin kamu masuk surga?

Bagas Karyadi said...

Mohon maaf, pengetahuan Saudara ttg Katolik masih rendah. Jadi, argumen Saudara tdk bisa saya terima. :-P

Bagas Karyadi said...

@maringan: bisa jadi :-)

Anonymous said...

malem semua,
artikel tentang larangan pernikahan beda agama ini,
sbnernya masih ada yg harus dikoreksi.

intinya:
ga ada manusia yang bisa menyenangkan hati Tuhan, ga ada manusia yang tau ukuran/takaran seberapa senang hati Tuhan krn liat perbuatan manusia atau ketaatan agama manusia itu sendiri.
ini bullshit dan doktrin/cara pandang lama yg ditanamkan sejak kecil kpd org2 Kristen.

ga boleh nikah beda agama itu alasannya simple bgt kok: BEDA VISI.

di agama manapun psti diajarkan bhwa menikah itu untuk ibadah. dan saya setuju.

tapi intinya pernikahan satu agama adalah berdua;bersama-sama menyelesaikan pekerjaan/tugas/kepercayaan yg Tuhan kasih untuk diselesaikan di dunia ini (tolong buat org awam, baca kalimat tadi dengan iman dan open minded ya.. jgn nnti tiba2 komen: tau drmn itu dari Tuhan, emg kita bisa tau maksud Tuhan, jgn ada komen2 irrasional dlsb)... inilah yg namanya visi.

ada visi, pasti ada misi. misinya jg simple:
komitmen dgn pernikahan, krn pernikahan anda disaksikan oleh jemaat greja, disaksikan oleh org2 kesayangan anda, dan disaksikan dihadapan Tuhan langsung (doa pernikahan dan pemberkatan oleh pendeta... jgn komen irrasional lg ya, ritual pernikahan tiap agama beda-beda, open minded aja)

trus misi yg kedua adalah saling mengasihi, saling melengkapi, saling mendukung, dan saling mendoakan, maju bersama-sama, memiliki keturunan, mengelola bumi dgn baik berhikmat bijaksana blablabla.

jelas kan kalo beda agama, apanya yg bisa diperjuangkan? visi aja udh beda, mana mgkin misi bisa dilaksanakan..

simple bro sist.

APA APA JANGAN BAWA-BAWA TUHAN.
APA APA JANGAN TERLALU DIPIKIRIN.
KALO MAU MIKIRIN SEMUA-MUANYA,

NTAR LO PADA JADI TUHAN. HEBAT.CAmalem semua,
artikel tentang larangan pernikahan beda agama ini,
sbnernya masih ada yg harus dikoreksi.

intinya:
ga ada manusia yang bisa menyenangkan hati Tuhan, ga ada manusia yang tau ukuran/takaran seberapa senang hati Tuhan krn liat perbuatan manusia atau ketaatan agama manusia itu sendiri.
ini bullshit dan doktrin/cara pandang lama yg ditanamkan sejak kecil kpd org2 Kristen.

ga boleh nikah beda agama itu alasannya simple bgt kok: BEDA VISI.

di agama manapun psti diajarkan bhwa menikah itu untuk ibadah. dan saya setuju.

tapi intinya pernikahan satu agama adalah berdua;bersama-sama menyelesaikan pekerjaan/tugas/kepercayaan yg Tuhan kasih untuk diselesaikan di dunia ini (tolong buat org awam, baca kalimat tadi dengan iman dan open minded ya.. jgn nnti tiba2 komen: tau drmn itu dari Tuhan, emg kita bisa tau maksud Tuhan, jgn ada komen2 irrasional dlsb)... inilah yg namanya visi.

ada visi, pasti ada misi. misinya jg simple:
komitmen dgn pernikahan, krn pernikahan anda disaksikan oleh jemaat greja, disaksikan oleh org2 kesayangan anda, dan disaksikan dihadapan Tuhan langsung (doa pernikahan dan pemberkatan oleh pendeta... jgn komen irrasional lg ya, ritual pernikahan tiap agama beda-beda, open minded aja)

trus misi yg kedua adalah saling mengasihi, saling melengkapi, saling mendukung, dan saling mendoakan, maju bersama-sama, memiliki keturunan, mengelola bumi dgn baik berhikmat bijaksana, menikmati berkat, mengucap syukur ke Tuhan yg sama and many more..

jelas kan kalo beda agama, apanya yg bisa diperjuangkan? visi aja udh beda, mana mgkin misi bisa dilaksanakan..


simple bro sist.

APA APA JANGAN BAWA-BAWA TUHAN.
APA APA JANGAN TERLALU DIPIKIRIN.
KALO MAU MIKIRIN SEMUA-MUANYA,

PLAY GOD. situ TUHAN? bukan kan ;)

steven lie said...

baca 2 korintus 6:14-16

Daisuke Itachi said...

Dear anonim : JElas dosa tidak diterima disorga kan krn itu tempat yg kudus. Jd apa kalo anda tdk ditebus oleh darah Tuhan itu sendiri apa anda layak masuk ke sorga milikNya..??
Ingat pak segala sesuatu ada hrga yg harus di bayat tdk ada yg gratis demikian keselamatn hrs ada yg bayar dan kami telah di bayar oleh Darah Yesus Lunas pak dgn luka ditubuhNya, dgn DarahNya, dengan HidupNya.. kalo bapak mau masuk surga dgn cara bapak silahkan pak slmt mencoba, hanya saya ingin katakan jgn sia"kan kemurahan Tuhan yg sbnrnya tidak layak kita terima hanya semata" Kasih Karunia Nya krn mengasihi umat ciptaanNya.

Pak samsul : Pak., saya kan sudh blg di awal Yesus adlh Tuhan itu sendiri. Tidak mgkn Tuhan menebus manusia dlm rupa sbg Tuhan krn dunia tdk mampu menahan kemuliaan dan kuasaNya yg dahsyat., DIa ciptakan bumi hanya dgn perkataanNya bgmn kalo Dia dtg dgn wujud Tuhan hancur sdh bumi., mknya Dia mengambil rupa sbg manusia spy Dia dapat merasakan apa yg dirasakan manusia, dapat memberitakan Injil Keselamatan dan Menebus dosa manusia.
KAlo bpk tanya kalo mata Tuhan kudus tdk dapat melihat dosa lalu kenapa turun ke bumi..? Jelas saya sdh blg Tuhan mengambil rupa sbg manusia krn itulah cara menebus dosa manusia. Mknya saat dibumi Yesus 100% manusia merasakn lapar..sedih.. di godai iblis..
Ibrani 4:15 Sebab Imam Besar yang kita punya, bukanlah imam besar yang tidak dapat turut merasakan kelemahan-kelemahan kita, sebaliknya sama dengan kita, Ia telah dicobai, hanya tidak berbuat dosa.
Itu ayatnya pak, Yesus adlh Imam Besar kami, Ia di cobai sama sperti kita manusia bedanya Ia tidak berbuat dosa..nah kalo bapak sama saya kalo dicobai kan kdg gagal lawan cobaan kdg menang lawan cobaan pak.. kita tidak bisa menjadi penebus bg dirikl kita sendiri pak.
Trimalah anugrah dan kemurahan Tuhan kpd bapak.. Kasih Tuhan tdk akan bapak alami kalo bapak tdk mau membuka hati dan masih mencoba layak lwt perbuatan bapak. Ingat pak.. Kami berbuat kami KRN KAMI SUDAH DISELAMATKAN BUKAN SYARAT SPY KAMI SELAMAT..!!!
KAmi masuk surga bkn krn amal ibdh tp krn Darah Yesus yg adalah Darah Tuhan itu sendiri yg membenarkan kami.
Roma 5:9 Lebih-lebih, karena kita sekarang telah dibenarkan oleh darah-Nya, kita pasti akan diselamatkan dari murka Allah.
kami percaya saat Tuhan dtg kami tdk akan menerima murka Tuhan krn kami telah diselamatkan oleh DArah Tuhan itu sendiri.
Amin

anthonyangkhat said...

Ini topiknya kan pernikahan beda agama. Kok melenceng ngalor ngidul?

Bagas Karyadi said...

boleh.. Saya terima pendapat Saudara.. :)

Bagas Karyadi said...

amin :)

Bagas Karyadi said...

iya nih ngalor ngidul.. kwkwkw :P

Anonymous said...

secara hukum memang pernikahan beda agama diindonesia memang belum ada dasar hukumnya. Tapi menurut saya kita harus melihat ini dengan bijak, kita tidak bisa melarang hal itu, karena hidup adalah pilihan, lebih baik kita menghimbau saja kalau hal seperti itu lebih baik tidak dilakukan karena banyak tidak baiknya dari pada baiknya. Jalan Tuhan itu sungguh susah untuk dimengerti dan diselami tetapi ingat Tuhan itu baik pada semua orang amin

Bagas Karyadi said...

Ya, kalau mau ikut pemikiran bijak otak kita sendiri ya monggo.. Saya mau ikut pemikiran bijak Alkitab saja.. :)

samsul hanafie said...

Dibenarkan dengan darah yesus dari murka Allah..kedudukan Allah sebagai apa??
Bagaikan dengan ini??
Barangsiapa menyambut kamu, ia menyambut Aku, dan barangsiapa menyambut aku, ia menyambut Dia yang mengutus aku." (Matius 10:40)
Itu yesus sendiri yang bilang kalau dia hanya utusan..

samsul hanafie said...

Ini kata2 yesus sebelum meninggal
(Matius 27:46) - "Kira-kira jam tiga berserulah Yesus dengan suara nyaring: "Eli, Eli, lama sabakhtani?" Artinya: Allah-Ku, Allah-Ku, mengapa Engkau meninggalkan Aku?"
(Markus 15:34) - "Dan pada jam tiga berserulah Yesus dengan suara nyaring: "Eloi, Eloi, lama sabakhtani?", yang berarti: Allahku, Allahku, mengapa Engkau meninggalkan Aku?

Itu yesus ngomong ke siapa?

Daisuke Itachi said...

Pak samsul : kita bahas ini gag akan berhasil krn firman dlm alkitab blg :
1 Korintus 1:18 Sebab pemberitaan tentang salib memang adalah kebodohan bagi mereka yang akan binasa, tetapi bagi kita yang diselamatkan pemberitaan itu adalah kekuatan Allah.
Jd jelaskan dgn cara apapun hanya akan jd pembodohan bagi org yg akan binasa.
Filipi 2:11 dan segala lidah mengaku: "Yesus Kristus adalah Tuhan," bagi kemuliaan Allah, Bapa!
Mgkn itu ayat terakhir saya utk bapak.. dan 1 hal pak kami beriman krn kami percaya bkn krn kami mgrti dgn akal pikiran kami.. tp percaya dlm iman kpd Kasih Tuhan kami Yesus Kristus.

Dear pemilik blog ini mhn maaf kalo sudah melenceng dari topik bapak saya hanya mencoba menerangkan apa yg ditanya oleh pak samsul.
Keep faith in Jesus pak ^^ God bless..

Anonymous said...

Pak Bagas Karyadi bisa membaca buku yang saya bilang di atas, berjudul "the antichrist conspiracy". Di situ dipaparkan secara mendetail kenapa katolik itu bukan kristen tapi menyaru sebagai kristen. Katolik itu agama iblis. Paus tidak ada di alkitab. Juga di alkitab tidak ada anjuran untuk hidup tidak menikah. Itu karangan orang yahudi sesat. Coba bapak cari du google. Jangan malas membaca. Kekekalan hidup anda taruhannya. Ngapain coba orang katolik nyembah bunda maria? Emang ada ayat di alkitab yang menyuruh menyembah bunda maria? Kalau anda mau berpikir sedikit dan mencoba menyelidiki pasti anda akan mengerti maksud saya. Jangan malas membaca!!! Segera unduh bukunya!!! Kekekalan hidup anda taruhannya!!!

Febryco Bonatua said...

Pada poin ketiga tertulis, "Karena Tuhan tidak menginginkan terang dan gelap bersatu. Tuhan tidak menghendaki anak-anaknya menjadi satu dengan anak-anak gelap." Bisakah anda lebih spesifik lagi, siapakah anak-anak terang dan siapakah anak-anak gelap ?

Anonymous said...

Pak Bagas Karyadi, saya pikir cara bapak menanggapi komentar2 lain meggambarkan bahwa bapak juga bewawasan rendah,tidak bijak dan kekanak2an.. apa komentar bapak..?

Anonymous said...

mas bagas jadi saya belum paham Pemikiran Alkitab yang bijak yang anda katakan itu yang seperti apaya? hehehehe setahu saya kita diberikan akal budi untuk kita berpikir mana yang baik dan mana yang tidak baik, Roh kudus yang menuntun kita untuk membedakan itu, hidup itu pilihan, bukan paksaan, hidup dalam Tuhan itu Kasih dan ingat tinggal iman pengharapan dan kasih dan yang terbesar diantara itu adalah Kasih, dan Kasih menutupi segala dosa. Saya setuju dengan pendapat anda diatas hanya saja jangan sampai kita menghakimi kalau pasangan beda agama tidak dikasihi oleh Tuhan seakan akan Tuhan tidak senang dengan pasangan beda agama. Jangan menghakimi Bro itu urusan Tuhan dia hakim yang adil

Anonymous said...

sudahlah berdebat lebih baik kita berpikir untuk berbuat lebih baik lagi untuk Tuhan dan menyenangkan Hatinya bukan saling menjatuhkan dan saling membenarkan pendapat masing2, kita diberi karunia masing2 dan pergunakanlah karunia tersebut untuk saling menguatkan bukan saling menjatuhkan, oke Guys Semoga Tuhan memberkati kita semua amin, selamat malam

Anonymous said...

maaf maksud saya Kasih menutupi banyak dosa bukan segala dosa, dosa yang tidak dapat diampuni adalah menghujat Roh Kudus

Bagas Karyadi said...

Anonim: ketika Anda berkata Katolik menyembah bunda maria, justru saya makin meragukan Anda krn pernyataan Anda itu salah besar. Katolik itu mengistimewakan bunda maria sbg pihak terpilih utk melahirkan Anak Allah. Kita jg hrs melihat sejarah gereja, Kristen Protestan lahir dari Katolik. Katolik adalah agama yg lebih dahulu ada sebelum Kristen Protestan. Yg jelas saya masih yakin ada beberapa penganut Katolik yg memiliki spirit Kekristenan sejati. Jadi mari belajar lebih banyak ya.. :-)

Bagas Karyadi said...

Gelap = tidak terang atau tidak memiliki terang. Terang = Tuhan. Jadi, gelap = tidak berada di dalam Tuhan. :-)

Bagas Karyadi said...

Amin. Bener banget. Tapi gak ada salahnya berpendapat. Yg salah adalah ketika kita membenci atau marah kepada orang yg berbeda pendapat dgn kita. Gbu. :-)

Febryco Bonatua said...

Maaf, saya menanyakan siapa anak-anak terang dan siapa anak-anak gelap, bukannya apa itu gelap dan apa itu terang. Sebagai penulis, anda mampukan memahami pertanyaan saya.

Gabus Faa said...

Amin

Esra Hutabarat said...

Krna firman itu berasal dri Alkitab, ya jelas dunk terang itu ank2 Tuhan Yesus alias yg mengaku Yesus itu sebagai Tuhan yaitu yg kita kenal sebagai orang Kristen, ya utk anak2 gelap ya jelas diluar Tuhan Yesus (gak perlu disebutkan)

Gabus Faa said...
This comment has been removed by the author.
Esra Hutabarat said...
This comment has been removed by the author.
Gabus Faa said...

Alkitab adalah isi pikiran Allah.

"Allah adalah Pengasih
Allah adalah Allah yang Cemburu"
Allah adalah Api yang menyala-nyala
Allah itu panjang sabar, murah hati, tetapi Allah juga Menghukum manusia jika banyak salah dan dosa (Nabi Nuh)
Allah hakim yang adil.
Yesus adalah Tuhan
Yesus adalah anak Manusia

Siapakah yang dapat menyelami pikiran Allah??? Siapa yang dapat menasehati Allah???


Waspadalah !!!! Pada akhir zaman akan bangkit nabi-nabi palsu yang akan memutar-balikan Firman Allah."


Kiranya hikmat dari Tuhan Yesus Kristus bertambah-tambah dalam kehidupan saudara, dan teruslah bersaksi dan beritakan Injil sampai Tuhan Datang. Amin

Bagas Karyadi said...

sudah

Bagas Karyadi said...

belajar sejarah gereja ya.. :)

Bagas Karyadi said...

baca postingan saya yang ini >> http://www.bagas.org/2015/07/bagaimana-jika-ada-orang-kristen-yang.html

Bagas Karyadi said...

@febryco:

anak terang = mereka yang hidup di dalam Tuhan

anak gelap = mereka yang hidup di luar Tuhan

Bagas Karyadi said...

amin.. Tuhan Yesus memberkati.. :)

lidang silitonga said...

Tuhan Yesus adalah Raja di atas sgala raja

Bagas Karyadi said...

amihn :)

Anonymous said...

Jika mnikah dgn yg seiman saja msh bnyk ini itu,mgkin sy hrus menikah dgn mlaikat saja agar tdk trlalu bnyak peraturan. Bagi saya mnikah beda agama bkn mslah besar. Apalagi jika kita mmpu mmbawa psangan kita mngenal lalu mengikut Yesus. Bukan mmbuat dy pindah agama krena akan menikah dgn kita,tpi krena iman yg kita prtnjukkan.

Bagas Karyadi said...

kalo gak mau diatur Tuhan, ya bikin duniamu sendiri.. Ini yang Alkitab ajarkan.. :)

Floriano Junior said...

hati2,,,jgn smpai bercerai berai cuma karna beda agama,,,kita tuh sama di mata tuhan,,,kbenaran hanya akan terbukti kalo kita dah mati,,,aku muslim, tapi aku selalu menghargai orang2 non muslim lain nya,l di sekitar ku, termasuk kakak ipar ku juga non muslim yang sudah pindah agama menjadi muslim, jadi tetaplah bersatu, jgn permasalahkan tentang beda agama,,, thx

Tomy Moty said...

Kristianity isn't my religion but my life style..
ini panduannya
Galatia 5:16-26
Maksudku ialah: hiduplah oleh Roh, maka kamu tidak akan menuruti keinginan daging.
Sebab keinginan daging berlawanan dengan keinginan Roh dan keinginan Roh berlawanan dengan keinginan daging — karena keduanya bertentangan — sehingga kamu setiap kali tidak melakukan apa yang kamu kehendaki.
Akan tetapi jikalau kamu memberi dirimu dipimpin oleh Roh, maka kamu tidak hidup di bawah hukum Taurat.
Perbuatan daging telah nyata, yaitu: percabulan, kecemaran, hawa nafsu,
penyembahan berhala, sihir, perseteruan, perselisihan, iri hati, amarah, kepentingan diri sendiri, percideraan, roh pemecah,
kedengkian, kemabukan, pesta pora dan sebagainya. Terhadap semuanya itu kuperingatkan kamu — seperti yang telah kubuat dahulu — bahwa barangsiapa melakukan hal-hal yang demikian, ia tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah.
Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan,
kelemahlembutan, penguasaan diri. Tidak ada hukum yang menentang hal-hal itu.
Barangsiapa menjadi milik Kristus Yesus, ia telah menyalibkan daging dengan segala hawa nafsu dan keinginannya.
Jikalau kita hidup oleh Roh, baiklah hidup kita juga dipimpin oleh Roh,
dan janganlah kita gila hormat, janganlah kita saling menantang dan saling mendengki.

Berkah Dalem Gusti..

Tomy Moty said...

Kristianity isn't my religion but my life style..
ini panduannya
Galatia 5:16-26
Maksudku ialah: hiduplah oleh Roh, maka kamu tidak akan menuruti keinginan daging.
Sebab keinginan daging berlawanan dengan keinginan Roh dan keinginan Roh berlawanan dengan keinginan daging — karena keduanya bertentangan — sehingga kamu setiap kali tidak melakukan apa yang kamu kehendaki.
Akan tetapi jikalau kamu memberi dirimu dipimpin oleh Roh, maka kamu tidak hidup di bawah hukum Taurat.
Perbuatan daging telah nyata, yaitu: percabulan, kecemaran, hawa nafsu,
penyembahan berhala, sihir, perseteruan, perselisihan, iri hati, amarah, kepentingan diri sendiri, percideraan, roh pemecah,
kedengkian, kemabukan, pesta pora dan sebagainya. Terhadap semuanya itu kuperingatkan kamu — seperti yang telah kubuat dahulu — bahwa barangsiapa melakukan hal-hal yang demikian, ia tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah.
Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan,
kelemahlembutan, penguasaan diri. Tidak ada hukum yang menentang hal-hal itu.
Barangsiapa menjadi milik Kristus Yesus, ia telah menyalibkan daging dengan segala hawa nafsu dan keinginannya.
Jikalau kita hidup oleh Roh, baiklah hidup kita juga dipimpin oleh Roh,
dan janganlah kita gila hormat, janganlah kita saling menantang dan saling mendengki.

Berkah Dalem Gusti..

Tomy Moty said...

Kristianity isn't my religion but my life style..
ini panduannya
Galatia 5:16-26
Maksudku ialah: hiduplah oleh Roh, maka kamu tidak akan menuruti keinginan daging.
Sebab keinginan daging berlawanan dengan keinginan Roh dan keinginan Roh berlawanan dengan keinginan daging — karena keduanya bertentangan — sehingga kamu setiap kali tidak melakukan apa yang kamu kehendaki.
Akan tetapi jikalau kamu memberi dirimu dipimpin oleh Roh, maka kamu tidak hidup di bawah hukum Taurat.
Perbuatan daging telah nyata, yaitu: percabulan, kecemaran, hawa nafsu,
penyembahan berhala, sihir, perseteruan, perselisihan, iri hati, amarah, kepentingan diri sendiri, percideraan, roh pemecah,
kedengkian, kemabukan, pesta pora dan sebagainya. Terhadap semuanya itu kuperingatkan kamu — seperti yang telah kubuat dahulu — bahwa barangsiapa melakukan hal-hal yang demikian, ia tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah.
Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan,
kelemahlembutan, penguasaan diri. Tidak ada hukum yang menentang hal-hal itu.
Barangsiapa menjadi milik Kristus Yesus, ia telah menyalibkan daging dengan segala hawa nafsu dan keinginannya.
Jikalau kita hidup oleh Roh, baiklah hidup kita juga dipimpin oleh Roh,
dan janganlah kita gila hormat, janganlah kita saling menantang dan saling mendengki.

Berkah Dalem Gusti..

Tomy Moty said...

Kristianity isn't my religion but my life style..
ini panduannya
Galatia 5:16-26
Maksudku ialah: hiduplah oleh Roh, maka kamu tidak akan menuruti keinginan daging.
Sebab keinginan daging berlawanan dengan keinginan Roh dan keinginan Roh berlawanan dengan keinginan daging — karena keduanya bertentangan — sehingga kamu setiap kali tidak melakukan apa yang kamu kehendaki.
Akan tetapi jikalau kamu memberi dirimu dipimpin oleh Roh, maka kamu tidak hidup di bawah hukum Taurat.
Perbuatan daging telah nyata, yaitu: percabulan, kecemaran, hawa nafsu,
penyembahan berhala, sihir, perseteruan, perselisihan, iri hati, amarah, kepentingan diri sendiri, percideraan, roh pemecah,
kedengkian, kemabukan, pesta pora dan sebagainya. Terhadap semuanya itu kuperingatkan kamu — seperti yang telah kubuat dahulu — bahwa barangsiapa melakukan hal-hal yang demikian, ia tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah.
Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan,
kelemahlembutan, penguasaan diri. Tidak ada hukum yang menentang hal-hal itu.
Barangsiapa menjadi milik Kristus Yesus, ia telah menyalibkan daging dengan segala hawa nafsu dan keinginannya.
Jikalau kita hidup oleh Roh, baiklah hidup kita juga dipimpin oleh Roh,
dan janganlah kita gila hormat, janganlah kita saling menantang dan saling mendengki.

Berkah Dalem Gusti..

roni rumah said...

Jelas pernikahan beda agama emang ga boleh,.. Krn pasti saat nikah berlangsung, ada doa yg di ucapkan, ada janji yg diikrarkan, nah klo beda agama gimana mau doa bersama, gimana mau janji atas nama Tuhan, lha wong tuhannya beda...
Trus klu mnurut saya, nikah itu bisa jadi harus(wajib), tp juga bisa jadi ga boleh,.., jadi harus kalau pasangan tsb(seagama),udah dewasa(artiin sendiri dewasanya), trus khawatir klu pasangan tsb ga sanggup nahan nafsu, (bisa jadi berbuat anu anu diluar nikah), kan dosa tuh...
Bisa jadi ga boleh, klu salah satu atau bahkan kedua pasangan tsb nikah cuma buat alasan lain, misal balas dendam, ingin menguasai harta, dan tujuan tujuan lain yg sifatnya negatif...
Itu seh pandangan saya,... Klu pandangan Anda spt diatas ya monggo juga bro... Sya ga bilang Anda salah, ato benar... Hanya komentar,... Namanya juga komentar... Oke bro..

Azwar Anas said...

mank dngn iman anda skrng yesus sebagai tuhan itu mnjamin km msuk surga ? nauzuminzhalik sudara

Azwar Anas said...

boleh bertanya roh kudus itu sypa yh ?

Anonymous said...

If it's true,why and why he let us to fall in love with someone whose religion is different from us?

Brianuarika Daut Siahaan said...

Wow..saya sebenarnya mampir untuk mengetahui point2 dari pernikahan antara Protestan dengan Katholik. tapi kok malah banyak yg bertanya macem2 ya? bahkan trinitas pun dipertanyakan pada komentar2nya. Kita semua yakin kalau Tuhan itu Esa. Tuhan yang memiliki kehidupan kita. Jika kita mengaku berTuhan dan beragama, saya kira perdebatan ini tidak perlu dilakukan. Toh, tidak ada manusia yg sempurna. Dengan mendebat dan menjelek2an atau membodoh2kan orang, apakah sudah pantas kita ini disebut orang yang beragama dan berTuhan?

ORHiNE said...

maaf sebelumnya Admin.
saya mau bertanya tentang hal " SAH atau TIDAK SAH " nya nikah beda keyakinan Menurut Agama atau Kitab suci masing2 agama.
Saya Pria Muslim.
saya mempunyai kekasih yg beda agama dengan saya ( KATHOLIK )
Sudah 10 thun lebih hubungan ini.
kekasih saya mengatakan kepada saya, klu saya menikahi dia boleh saja ( itu kata dia sih )
tapi menurut ALKITAB apa boleh kah.,.,?
dan knapa harus persetujuan USKUB setempat.,.,?
bukannya agama itu berpatokan kepada Kitab suci.,.,?
knapa kepada USKUB nya.,.,?
TOlong Admin perjelaskan alasannya.
Tetapi dalam Kitab Suci ALQUR'AN sangat dilarang.
Trus kata kekasih saya nikahnya hanya digreja saja.
Kalau ditempat muslim tidak bisa. ( katanya sih )
bisa kasih alasan juga kah Admin.,.,?
Minyak dan air takkan pernah bisa bersatu,
mereka hanya bisa berdampingan.
Bayangin aja yach Admin, kalau Sian dan Malam bersatu apa bisa kah.,.,?
gimna menurut Admin.,.,?
tolong diperjelas yach admin ,
biar saya tau solusinya...
thanks Admin.,

IthaCyang Yekri said...

Taat kepada Firman berarti kita taat kepada Tuhan, saya rasa sangat jelas kata firman Tuhan, gelap dan terang tidak bisa bersatu, klo emang mau bersatu kita harus ubah yg gelap itu jadi terang.
Emang susah klo keinginan Tuhan di kaitkan ke keinginan duniawi, klo firman Tuhan itu kan iya dan amin, tidak ada tapi2...jelas dan tegas.
Terimakasih atas postinganya pak Bagas Karyadi. Tuhan memberkati.

Niko Biel82 said...

maaf saya ikut nimbrung hanya ingin tau saja..
apa yg dimaksud terang dan gelap..?
apakah terang = org yg bertuhan
dan gepal = org yg tdk bertuahan,atau org2 yg tuhan nya diluar tuhan org kristen..?
maaf saya mau bertanya..
1 siapa tuhan org kristen sebenar nya,yesus kah bapa allah kah atau roh kudus..
2 siapa yg lebih dulu ada antara yesus,bapa allah atau roh kudus..?
3 siapa yg lebih diunggul kan antara yesus,bapa allah atau roh kudus..?
4 siapa yg menciptakan alam semesta ini dr 3 nama diatas,apakah yesus,bapa allah n roh kudus..?
5 apa perbedaan atau persamaan diantar 3 nama diatas,antara yesus,bapa allah n roh kudus..
6.apa perbedaan dan persamaan peran diantara 3 nama diatas antara yesus,bapa allah n roh kudus..
mohon penjelasan nya..maklum saya org awam,hanya pengen tau..

alfroit forza said...

jodoh itu artinya kecocokan jiwa...

suanca said...

Maaf.... numpang tanya nich,, bgmn dg org yg sdh terlanjur nikah beda agama? haruskah mereka bercerai meskipun sdh dikaruniai byk anak dan tdk pernah ada pertengkaran dlm berumah tangga? mohon dijawab

Samsul Roziq said...

Dari cara anda berkomentar bukankah anda lbh condong berpendapat bahwa anda lah yg benar, andalah yg membenci dan marah kepada orang yang berbed pendapat. Anda justru menggunakan Alkitab sebagai tameng dari banyaknya sanggahan dari teman-teman. Saya bukanlah orang beriman seperti Saudara. Saya hanyalah umat manusia yang tidak terlepas dari kesalahan. Jika memang benar Yesus adalah Tuhan, lalu Anda yang Beriman kuat menganggap kami yang menganggap Allah sebagai Tuhan, Ida Sang Hyang Widhi sebagai Tuhan, Buddha sebagai Tuhan, Anda anggap apa kami? Yang saya percaya cuma 1, Tuhan hanya ada Satu dan Satu Satunya. Saya tidak tahu Agama dilahirkan kapan, tp saya yakin, Agama diciptakan bukan untuk mencerai beraikan manusia. Alangkah indahnya jika perbedaan itu kita lihat sebagai keajaiban Tuhan. Kita hidup di bumi ini bersama dengan orang2 yang memiliki perbedaan. Jika benar dengan perbedaan tidak bisa membuat Tuhan senang, Apa tujuan Tuhan menciptakan kita yang berbeda-beda ini?

selly imoet said...

apakah pernikahan antara orang kristen dg katolik juga merupakan pasangan yg tidak seimbang??? dan apakah itu tidak akan menyakiti hati Tuhan??? mohon dibantu untuk bisa di jawab pertanyaan saya. karena saya dan calon pasangan saya adalah kristen dan katolik, sedangkan saat ini kami masih berdebat dan belum bisa melangsungkan pernikahan karena perbedaan pendapat tersebut. terimakasih banyak.

Salomo Jr said...

saya masih 14 tahun,
" Apa yang kamu tuai, itu yang kamu tabur."
ga main takdir2 an..
mana kita tau takdir kita si "doi" apa bukan, we write our own story..

Pompa Centrifugal said...

Artikelnya menarik seklai gan...thanks

Pompa Centrifugal said...

Artikel yang menarik gan

dony saputra said...

Betul yang kau tulis gan, but gua ni campuran. Keluarga gua beda" agama dari konghucu, buda, islam, kristen, khatolik. 5 agama masuk semua dia agama. But its no problem!.. saling menghargai sesama (Manusia). Gni gan jadi tergantung dari pemikiran kita sendiri. Apakah kita manusia atau bukan??. Yah kalo manusia yang sepantasnya saling menghargai. Karna kenapa kita makhluk hidup paling tinggu guysss..jgn tengkar, bentrok, perselisihan apapun jgn lah rusuh ntar jadi nya nga tinggi. Kalo nga tinggi berarti binatang donk hehehe.. y simple aja lah. Kek gua komunis percaya kepercayaan yang mengarahkan hidup manusia ke jalan benar udh itu aja ok ok

Vice said...

Tuhan itu TRINITAS dan mengenai TRINITAS Tersebut tidak dapat di Jelaskan secara Mendetail ataupun "Harafiah" ingatlah TUHAN itu AJAIB kita manusia yang hanya Dengan dihembuskan-NYA Nafas Kehidupan, Dapatkah kita Mengetahui PIKIRAN ALLAH itu Sendiri ? Mengapa kita Menganggapnya Sebagai yang ESA yg MAHA KUASA ? Jawabannya sangat Sederhana karena TUHAN adalah Sang Pencipta dan Segala Sesuatu yang ADA dan Termasuk Otak kita ini (Akal Budi) semuanya dari TUHAN , Apakah kita Manusia yg Berlumur Dosa dan yang Sangat "Lemah" ini Mampu Mengira" ata Mengetahui PEMIKARAN TUHAN yang TIDAK Di Batasi oleh Ruang , Waktu dan Massa ? INGATLAH kita Hanya Manusia Biasa , janganlah Bertanya" apa yang Otak kita tidak mampu Lampaui ataupun yang Melampaui Pengetahuan yang TUHAN Sudah Berikan (Di Takar), AGAMA tidak bisa Menyelamatkanmu Namun Kerjakanlah Dan Tekunilah Jalan Keselamatan yang Kita Telah Percayai dan atas Kepercayaan kita Masing" Agar Dapat Selamat dari "Mulut" NERAKA yang Menyala-nyala itu

Sekian dan Terimakasih , Kiranya Damai Sejahtra Menyelimuti kita Semua AMIN

Devi Wulansari said...

Pak, saya mau bertanya tentang jodoh dan berbeda agama.
orang tua saya berbeda keyakinan, tapi mereka menikah, mereka menikah dgn cara muslim, tapi seteleah menikah mereka berdua menjalani keyakinan nya masing-masing dan sampai saat ini sudah 30thn lebih mereka masih bersama, apakah mereka berarti tidak berjodoh??
dan apakah sampai saat ini hati Tuhan masih tersakiti krn pernikahan mereka??
tolong berikan penjelasan nya. trimakasih GBU