Bagas Karyadi
Shalom! Anda tinggal di Jakarta? Bergabunglah ke dalam KRISTA: Komunitas Kristen Jakarta, klik di sini!

Mempersiapkan Hari Kematian

renungan tentang kematian
Saudara, apa yang terlintas di pikiran Anda jika Anda tahu bahwa sebentar lagi Anda akan segera mati? Apa yang Anda rasakan jika dokter memvonis bahwa Anda akan mati dalam beberapa hari? Apa yang Anda rasakan jika Anda berada di dalam pesawat yang mengalami kerusakan dan sedang meluncur dengan sangat cepat menuju daratan?

Saya tahu jawabannya. Anda pasti panik. Anda pasti mengusahakan segala cara untuk menghadapi saat-saat kematian Anda. Lalu, ke manakah larinya permasalahan hidup? Tadinya, Anda mengalami berbagai persoalan hidup, mungkin baru saja dipecat dari tempat kerja, mungkin baru saja diputus oleh pacar, mungkin terlilit hutang, atau apapun. Lalu, ketika kita dihadapkan pada saat-saat kematian di depan mata kita, seakan-akan semua persoalan hidup itu menghilang begitu saja.

Saudaraku, hal ini membuktikan bahwa masalah yang sebenarnya dalam hidup ini hanya satu, yaitu bagaimana kita mempersiapkan kedatangan hari kematian kita. Banyak orang yang takut menghadapinya. Banyak orang masih merasa belum siap untuk mempertanggungjawabkan seluruh kehidupannya. Parahnya lagi, banyak orang yang menjalani hidup seakan-akan tidak akan pernah mati. Hidup mereka di dunia seakan-akan tidak ada ujungnya. Mengerikan sekali!

Filipi 1:21
“Karena bagiku hidup adalah Kristus dan mati adalah keuntungan.”

Perkataan Paulus di atas adalah bukti dari keyakinan Paulus untuk menghadapi hari kematiannya. Ia sudah sangat yakin atas hidup yang telah dijalaninya. Ia sangat siap untuk mempertanggungjawabkan seluruh hidupnya. Kalaupun ia mati pada saat itu juga, ia sudah sangat siap karena jika ia mati, ia akan merasa beruntung karena penderitaannya akan lebih cepat selesai. Kalaupun ia masih hidup, berarti ia harus menjalani hidup untuk kepentingan Kristus.

Saudaraku, renungkan hal ini sehari-hari. Bagaimanapun juga kita harus siap mati kapan saja karena kita tidak pernah tahu kapan datangnya hari kematian kita. Bagaimana caranya bersiap-siap? Hiduplah untuk kepentingan Kristus sekarang juga, cari tahu, apa maksud Tuhan dalam hidup anda! Amin.

Salam kasih,

Bagas Karyadi