-->
Bagas Karyadi

Awas Ajaran Sesat! Inilah 2 Bidat Kristen Terbesar di Indonesia


Shalom Saudaraku, berhati-hatilah jika mencari artikel atau renungan Kristen di Google! Banyak sekali bertebaran artikel rohani yang sebenarnya berasal dari bidat Kristen. Bidat adalah suatu ajaran yang menyimpang sangat jauh dari ajaran resminya alias ajaran sesat.

Mungkin ketika Saudara membaca salah satu atau beberapa artikel dari bidat tersebut, Saudara merasa tidak ada yang salah dari artikel tersebut. Semuanya tertulis dengan bahasa yang baku dan sangat rohani.

Beberapa tulisan bidat memang sengaja dibuat dengan sangat rapi dan sangat menarik, bahkan sangat rohani. Tujuannya adalah agar dapat menarik sebanyak-banyaknya pengikut sehingga komunitas mereka pun ikut semakin membesar.

Bahkan, beberapa bidat tersebut sudah memiliki komunitas fisik yang bisa didatangi karena sudah memiliki rumah ibadah sendiri.

Namun, saya tidak mau membahas tentang hal itu. Saya mau membahas bagaimana mereka secara masif mengabarkan tulisan-tulisan mereka di internet.

Saya pun terkejut Google lebih merekomendasikan website mereka tampil di urutan paling atas dibandingkan dengan website-website Kristen yang original.

Ada dua website besar yang memproduksi tulisan-tulisan atau artikel-artikel rohani secara masif. Saudara wajib berhati-hati jika berjumpa dengan website-website ini.

Website pertama adalah website milik ajaran Saksi-Saksi Yehuwa, yaitu JW.ORG. Jika Saudara menemukan artikel rohani yang diproduksi oleh website tersebut, berarti Anda sedang menemukan artikel bidat Kristen terbesar di Indonesia. Saksi-Saksi Yehuwa memiliki komunitas yang sangat kuat dan memiliki rumah ibadah yang tersebar hampir di seluruh penjuru Indonesia. Saya akan menjelaskan secara rinci mengenai ajaran Saksi-Saksi Yehuwa pada renungan-renungan berikutnya.

Website kedua adalah website milik ajaran Injil Turunnya Kerajaan Tuhan atau Gereja Tuhan Yang Maha Kuasa, yaitu ID.KINGDOMSALVATION.ORG. Ajaran ini belum lama masuk ke Indonesia dan berasal dari Tiongkok. Bidat ini sangat masif menyebarkan ajarannya di internet dan media sosial, bahkan sampai diadakan pertemuan virtual. Penjelasan lebih lanjut mengenai bidat ini akan saya berikan di renungan-renungan berikutnya.

Intinya, Saudara wajib berhati-hati ketika mencari artikel-artikel rohani atau artikel-artikel teologi di internet. Bidat-bidat ini menggunakan sumber daya yang sangat memadai dalam menyebarkan ajaran-ajarannya di internet.

Saya selaku penulis renungan Kristen di blog ini benar-benar merasa resah jika membayangkan ada banyak sekali di antara kita yang mencari informasi alkitabiah di internet lalu malah menemukan tulisan bidat-bidat tersebut.

Berhati-hatilah menyerap informasi di internet. Tetaplah rajin membaca Alkitab di gadget Saudara, dengarkan khotbah-khotbah pendeta dari gereja Saudara di Youtube, dan temui Tuhan dalam setiap saat teduh Saudara.

Hidupilah firman itu dalam kehidupan kita sehari-hari supaya kita benar-benar bisa membedakan mana ajaran yang sesat dan mana ajaran yang benar. Amin.

Salam kebenaran,

Bagas Karyadi, M.Th.

Catatan:
  • Jika ada pertanyaan, silahkan langsung berdiskusi dengan saya lewat Instagram. Ayo ikuti Instagram saya, klik di sini!
  • Jika Anda merasa diberkati, silahkan bagikan renungan ini agar dapat memberkati lebih banyak orang.

0 Response to "Awas Ajaran Sesat! Inilah 2 Bidat Kristen Terbesar di Indonesia"

@bagaskaryadi