Bagas Karyadi
Shalom! Anda tinggal di Jakarta? Bergabunglah ke dalam KRISTA: Komunitas Kristen Jakarta, klik di sini!

4 Fakta Alkitabiah tentang Allah Roh Kudus yang Tidak Pernah Anda Sadari

Renungan harian Kristen hari ini adalah lanjutan dari seri pembahasan Allah Tritunggal yang sedang kita pelajari beberapa hari ini. Saya sudah menjelaskan dengan padat dan singkat mengenai Pribadi Allah Bapa dan Allah Anak. Sekarang, saatnya saya membahas Pribadi Allah Roh Kudus


Jujur saja, saya benar-benar mendapati kesulitan yang luar biasa untuk mempelajari siapa sesungguhnya Allah Roh Kudus. Allah Roh Kudus adalah salah satu Pribadi Allah dalam konsep Allah Tritunggal.

Pertanyaan yang paling mendasar mengenai Allah Roh Kudus adalah apakah Allah Roh Kudus merupakan Pribadi yang benar-benar berbeda dengan Allah Bapa dan Allah Anak? Jika Ia adalah Pribadi yang berbeda, maka konsep Allah Tritunggal adalah konsep yang benar-benar benar apa adanya. Jika Ia bukan Pribadi yang berbeda, kita wajib mengkritisi konsep Allah Tritunggal.

Ada banyak fakta yang kita temukan di Alkitab berkaitan dengan Allah Roh Kudus. Semoga fakta-fakta berikut ini dapat membantu kita untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas.

Fakta #1: Tidak ada ayat Alkitab yang menjelaskan bahwa Allah Roh Kudus berkomunikasi dengan Allah Bapa maupun Allah Anak.
Saya hanya berhasil menemukan adanya komunikasi antara Allah Bapa dan Allah Anak. Dengan demikian, kita dapat mengajukan pertanyaan, apakah Allah Roh Kudus berkomunikasi dengan Allah Bapa dan Allah Anak. Mengapa kita mempermasalahkan hal ini?

Hal ini dikarenakan komunikasi adalah tanda adanya eksistensi dua pribadi yang berbeda. Komunikasi juga adalah cara untuk mentransfer ide antara pihak yang satu dengan pihak yang lain. Kemungkinan, komunikasi antara Allah Roh Kudus dan Allah Bapa dan Allah Anak memang tidak tercatat di Alkitab. Siapa yang tahu?

Fakta #2: Tidak ada ayat Alkitab yang menegaskan kita untuk menyembah Allah Roh Kudus.
Saya hanya menemukan ayat-ayat yang menunjukkan kita harus menyembah Allah Bapa dan Allah Anak. Jumlah ayatnya banyak sekali. Namun, saya gagal menemukan ayat yang menjelaskan bahwa kita harus menyembah Allah Roh Kudus.

Saya tidak bermaksud mendiskreditkan Allah Roh Kudus. Namun, dominasi Allah Roh Kudus di Alkitab memang tidak sedominan Allah Bapa dan Allah Anak. Memang sebenarnya tidak menjadi masalah kita mau menyembah Pribadi manapun. Namun, hal ini patut mendapat perhatian jika kita benar-benar meyakini bahwa Roh Kudus adalah Pribadi Allah yang berbeda dengan AllaH Bapa dan Allah Anak.

Fakta #3: Allah Roh Kudus diutus oleh Allah Anak setelah Ia kembali ke surga.
Tuhan Yesus sendiri yang berkata dalam Yohanes 16:7 bahwa Allah Roh Kudus tidak akan datang ke dalam hati setiap orang percaya sebelum Tuhan Yesus pergi dari bumi dan kembali ke surga. Tuhan Yesus menegaskan bahwa Ia akan mengutus Allah Roh Kudus jika Ia sudah pergi.

Sebenarnya, inilah yang menyebabkan dominasi Allah Roh Kudus tidak terlalu dominan di dalam Alkitab, yaitu karena eksistensi-Nya baru dirasakan setelah Tuhan Yesus kembali ke surga.

Namun, bukan berarti eksistensi Allah Roh Kudus belum ada sebelum Tuhan Yesus menjadi manusia. Mengapa? Karena kehadiran Allah Roh Kudus juga tercatat dalam Alkitab Perjanjian Lama, seperti Yesaya 63:10-11, dan masih banyak lagi.

Fakta #4: Satu-satunya dosa yang tidak dapat diampuni adalah mendukakan Allah Roh Kudus.
Tuhan Yesus mengatakan dengan sangat tegas dalam Matius 12:31-32, yang berbunyi demikian: “Segala dosa dan hujat manusia akan diampuni, tetapi hujat terhadap Roh Kudus tidak akan diampuni. Apabila seorang mengucapkan sesuatu menentang Anak Manusia, ia akan diampuni, tetapi jika ia menentang Roh Kudus, ia tidak akan diampuni, di dunia ini tidak, dan di dunia yang akan datangpun tidak.”

Markus 3:28-30; Lukas 12:8-10; Efesus 4:30; dan 1 Tesalonika 5:19 juga menyatakan hal yang sama. Jadi, jika kita menentang/menghujat Allah Anak, maka dosa itu masih bisa diampuni. Namun, jika kita menentang/menghujat Allah Roh Kudus, dosa kita tidak akan pernah diampuni. Hal inilah yang menunjukkan bahwa Allah Roh Kudus benar-benar merupakan Pribadi yang berbeda dari Allah Anak.

Hal yang menjadi permasalahan, apakah Allah Roh Kudus itu adalah Pribadi yang berbeda dengan Allah Bapa? Pertanyaan ini saya ajukan karena banyak ayat yang menunjukkan adanya penyamaan antara Roh Kudus dan Roh Allah Bapa. Jangan-jangan Roh Kudus adalah bentuk kehadiran Allah Bapa di bumi! Jika demikian, konsep Allah Tritunggal tidak berlaku lagi karena Allah Bapa sama dengan Allah Roh Kudus.

Mengenai hal ini, jujur saya belum menemukan jawaban yang pasti. Saya masih mendalami hal ini. Jika saya sudah menemukan jawabannya, saya akan membagikannya di blog ini.


Intinya, kita harus tahu jika kita menghujat Allah Roh Kudus maka dosa kita tidak akan pernah diampuni. Saudaraku, jangan sekali-kali menyakiti Allah Roh Kudus yang tinggal di dalam hati kita! Pada renungan berikutnya, saya akan menjawab pertanyaan, mengapa dosa menghujat Roh Kudus tidak dapat diampuni? Tetap bertumbuh di dalam Tuhan! Amin.

Salam kebenaran,

Bagas Karyadi, M.Th.
 087871110565

Catatan:

  • Jangan lupa, ikuti juga Facebook saya supaya tidak ketinggalan Renungan Harian Kristen terbaru dari saya. Anda juga dapat mengajukan pertanyaan tentang apapun melalui Facebook saya.
  • Facebook: facebook.com/bagas.karyadi
  • Anda juga dapat membaca renungan-renungan saya yang lainnya di blog ini. Saya yakin masih banyak renungan-renungan bermanfaat yang belum Anda baca.
  • Jika Anda merasa diberkati, silahkan bagikan renungan ini.

5 Responses to "4 Fakta Alkitabiah tentang Allah Roh Kudus yang Tidak Pernah Anda Sadari"

Anonymous said...

Kalau mas yang dah S2 aja gak tahu jawaban pastinya apalagi aku yang awam nih. Kalau Bapa trus Anak trus Roh Kudus itu masing-masing satu pribadi yang berbeda; jadinya benar-benar Allah Tridoang ya....

Trus yang tunggalnya apa ya? Bedanya dengan trimurti itu apa? Apa Bapa Anak Roh Kudus itu sama dengan Brahma; Wisnu; dan Syiwa? Apa hindu juga mempunyai Mahadewa yang Tritunggal?

Bagas Karyadi said...

Tritunggal = 3 dalam satu lembaga Allah

Unknown said...

1 Yohanes 5:7 Sebab ada tiga yang memberi kesaksian(yang berdaulat atas surga) [di dalam surga: Bapa(Yahweh/Elohim), Firman(Yesus/Yeshua Hamashiach) dan Roh Kudus; dan ketiganya adalah satu.

Jeremy_11 said...

Sebenarnya Allah Tritunggal itu Allah yang berkomunikasi, dan juga tertulis dalam Alkitab kita, contohnya Kejadian 1 : 26 "Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita"

Jadi kata "Kita" ini harus lebih dari 1 Pribadi dan hal ini menunjukkan adanya komunikasi antara Allah Bapa, Anak dan Roh Kudus.

Terima kasih, hanya sekedar tambahan, jika ada yang salah, mohon dikritik ya

Kaze Rekuso said...

#1 Roh Kudus tdk pernah berbicara dgn Allah Bapa, sebab Roh Kudus adalah Allah sendiri:

Yohanes 4:24 (TB) Allah itu Roh dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran."

Dan ditulis dalam ayat ini bahwa mendukakan Roh Kudus, maka Allah sendiri yg menjadi musuh org itu:

Yesaya 63:10 (TB) Tetapi mereka memberontak dan mendukakan Roh Kudus-Nya; maka Ia berubah menjadi musuh mereka, dan Ia sendiri berperang melawan mereka.

#2 Menyembah Roh Kudus = menyembah Allah:

Yohanes 4:24 (TB) Allah itu Roh dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran."

#3 Roh Kudus sudah ada sejak zaman perjanjian lama, tapi hanya sebatas mereka yg dipilih Dan diurapi-Nya, seperti:

Nabi Yehezkiel:

Yehezkiel 37:1 (TB) Lalu kekuasaan TUHAN meliputi aku dan Ia membawa aku ke luar dengan perantaraan Roh-Nya dan menempatkan aku di tengah-tengah lembah, dan lembah ini penuh dengan tulang-tulang.

Raja Daud:

2 Samuel 23:2 (TB) Roh TUHAN berbicara dengan perantaraanku, firman-Nya ada di lidahku;

Tapi saat kenaikan Yesus kesurga, Ia mencurahkan Roh-Nya sendiri yg diutus Oleh Bapa kepada semua orang yg percaya dalam nama-Nya:

Yohanes 3:34 (TB) Sebab siapa yang diutus Allah, Dialah yang menyampaikan firman Allah, karena Allah mengaruniakan Roh-Nya dengan tidak terbatas.

Roma 8:9, 14 (TB) Tetapi kamu tidak hidup dalam daging, melainkan dalam Roh, jika memang Roh Allah diam di dalam kamu. Tetapi jika orang tidak memiliki Roh Kristus, ia bukan milik Kristus.
Semua orang, yang dipimpin Roh Allah, adalah anak Allah.

Dan masih banyak lagi yg menyejajarkan bahwa Bapa = Anak = Roh Kudus. Dan ketiganya satu:

Matius 28:19 (TB) Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus,

#4 menghujat Roh Kudus = menghujat Allah:

Efesus 4:30 (TB) Dan janganlah kamu mendukakan Roh Kudus Allah, yang telah memeteraikan kamu menjelang hari penyelamatan.

Mazmur 51:11 (TB) Janganlah membuang aku dari hadapan-Mu, dan janganlah mengambil roh-Mu yang kudus dari padaku!

Dan jika anda masih meragukan Roh Kudus, berarti anda meragukan Allah yg telah mengaruniakan Roh-Nya dengan cemburu kepadamu:

1 Yohanes 4:13 (TB) Demikianlah kita ketahui, bahwa kita tetap berada di dalam Allah dan Dia di dalam kita: Ia telah mengaruniakan kita mendapat bagian dalam Roh-Nya.

Amsal 3:5-7 (TB) Percayalah kepada TUHAN dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri.
Akuilah Dia dalam segala lakumu, maka Ia akan meluruskan jalanmu.
Janganlah engkau menganggap dirimu sendiri bijak, takutlah akan TUHAN dan jauhilah kejahatan;

Jesus bless you with His Spirit