Bagas Karyadi
Shalom! Anda tinggal di Jakarta? Hadirilah Seminar Jodoh Kristen, silahkan klik di sini!

Inilah 4 Cara Terampuh untuk Mendengar Suara Tuhan

4-cara-mendengar-suara-tuhan

Saudaraku, apakah Saudara masih belum bisa mendengar suara Tuhan? Pada renungan harian kali ini, saya akan membeberkan 4 cara terampuh untuk mendengar suara Tuhan.

Ini merupakan hasil pembelajaran saya yang sangat mendalam terhadap keseluruhan isi Alkitab. Tidak hanya itu, saya pun telah mempraktekannya. Berikut ini saya jabarkan empat cara terampuh untuk mendengar suara Tuhan:

#1 – KITA HARUS RAJIN BELAJAR FIRMAN TUHAN.
Firman Tuhan adalah suara Tuhan. Jadi, Alkitab berisikan suara Tuhan. Satu-satunya suara Tuhan yang pasti ada di dalam Alkitab. Nah, melalui Alkitab, kita dapat mengenali bagaimana sih suara Tuhan itu. 

Jadi, mau tidak mau kita harus rajin mengasah indera nurani kita dengan mempelajari firman Tuhan setiap hari. Jika Saudara jarang mempelajari Alkitab, Saudara tidak akan pernah mengetahui bagaimana persisnya suara Tuhan itu.

#2 – KITA HARUS RAJIN BERTEMU TUHAN DALAM DOA.
Saudaraku, satu-satunya cara untuk bisa ngobrol dengan Tuhan adalah dengan cara berdoa. Doa membuat kita selalu terhubung dengan Tuhan. Itulah alasan mengapa banyak orang Kristen mengatakan bahwa doa adalah nafas hidup orang Kristen.

Jika kita jarang berdoa, artinya kita jarang ngobrol dengan Tuhan. Jika kita jarang ngobrol dengan Tuhan, kita tidak akan pernah peka dengan apa yang sedang Tuhan bicarakan kepada kita. 

#3 – KITA HARUS MENYEDIAKAN WAKTU KHUSUS SETIAP HARI UNTUK BERDOA.
Inilah pentingnya jam doa. Jika jam doa kita berantakan, hubungan kita dengan Tuhan pun pasti berantakan. Paling tidak kita harus menyediakan minimal 30 menit setiap harinya untuk duduk dan diam bertemu dengan Tuhan dalam doa.

Waktu khusus yang kita sediakan untuk Tuhan harus kita persiapkan dari awal. Jangan berikan waktu sisa-sisa untuk Tuhan! Bukankah Tuhan itu Kekasih Abadi kita? Perlakukanlah Tuhan secara spesial! Berikan waktu terbaik kita untuk-Nya!

#4 – JANGAN TERLALU BANYAK BERBICARA KEPADA TUHAN! DIAMLAH DAN DENGARKAN SUARANYA!
Saudaraku, ketika kita terlalu banyak bicara, maka kita akan mendengar lebih sedikit, atau mungkin tidak mendengar sama sekali. Ketika kita berbicara, kita tidak akan mendengar apapun selain suara kita sendiri.

Jadi, berhentilah berbicara! Heninglah dan renungkanlah kebaikan Tuhan dalam hidup kita! Lama-kelamaan, kita akan mendengar Tuhan membisikkan sesuatu ke dalam nurani kita, sesuatu yang sangat dramatis dan tidak pernah kita pikirkan sebelumnya.

Demikian empat cara terampuh untuk mendengar suara Tuhan. Saya sudah mempraktekkannya. Saya bisa mendengar suara Tuhan. Walaupun terkadang saya tahu Tuhan tidak berbicara sama sekali. Namun, paling tidak saya pernah mendengar Tuhan membisikkan sesuatu yang sangat penting buat hidup saya.

Pengalaman berdoa adalah pengalaman terindah buat saya dan Saudara. Mengapa? Karena hanya melalui doa, kita dapat bertemu dan menjalin hubungan dengan Kekasih Abadi kita, Tuhan Yesus Kristus. Selamat mendengar suara Tuhan! Amin. Salam kebenaran!



Catatan:
  • Saya berdoa semua yang telah sampaikan benar-benar memberkati Saudara.
  • Jangan lupa, ikuti juga Facebook saya supaya tidak ketinggalan Renungan Harian Kristen terbaru dari saya.
Facebook: facebook.com/bagas.karyadi
  • Ajukan juga pertanyaan Anda tentang Tuhan, Alkitab, maupun kehidupan sehari-hari melalui Facebook saya.
  • Jika Anda merasa diberkati, silahkan bagikan (share) renungan ini dengan menekan tombol berbagi (share) yang tersedia.

3 Responses to "Inilah 4 Cara Terampuh untuk Mendengar Suara Tuhan"

mindo nainggolan said...

Terimakasih.. Tuhan berkati bapak selalu..

AbrahamSugiharto said...

Shalom pak!
Terima kasih sudah share. Saya ingin sedikit menambahkan jika berkenan. Melihat dari pengalaman saya dg Tuhan. Ketika awal saya bertanya2 tentang bagaimana bisa debgar suara Tuhan dengan langkah2 konkret. Dengan ajaib Tuhan kirim sebuah buku. Dan dari situ saya mulai belajar banyak... Hal yg mgkin saya ingin tambahkan yaitu "Percaya". Tidak semua org Kristen percaya bahwa Tuhan masih berbicara sampai hari ini, dan bahkan kadang mereka berpikir perlu hidup sangat sangat kudus jauh menyendiri di hutan bru bisa dengar Tuhan. Padahal hal plg pertama yg Tuhan minta itu Percaya. "Tidak ada seorang pun yg berkenan kepada Tuhan tanpa percaya". Hal2 lain sudah tertulis diatas :) Tuhan berkati dan buat kita semua semakin peka

Wast said...

Thanks infonya
YESUS memberkati