Bagas Karyadi
Shalom! Anda tinggal di Jakarta? Hadirilah Seminar Jodoh Kristen, silahkan klik di sini!

Apakah Kita Menikmati Hajaran Tuhan?

APAKAH KITA MENIKMATI HAJARAN TUHAN?

Apakah Saudara pernah melihat keindahan pohon-pohon yang dibonsai? Bonsai adalah suatu seni membentuk pohon dalam ukuran yang kerdil. Pohon-pohon yang dibonsai itu sangat indah karena terlihat seperti miniatur pohon-pohon berukuran besar. Di balik keindahan pohon-pohon yang dibonsai, ada hal yang sangat menarik yang dapat kita pelajari. Proses membonsai ternyata membutuhkan waktu bertahun-tahun. Proses membonsai juga dilakukan dengan perlakuan khusus yang seakan-akan membuat pohon itu tersiksa. Setiap ranting dan cabang harus dililit kawat dan dibentuk dengan sangat ketat. Setiap tunas dan daun tertentu yang tumbuh harus terus dipangkas dengan teratur.

Betapa kerasnya perlakuan sang seniman bonsai terhadap pohonnya. Demikian juga dengan Tuhan kita, Ia pun seakan-akan memperlakukan kita dengan sangat keras. Terkadang kita merasa tersiksa atas semua pencobaan dan masalah-masalah yang kita lalui dalam hidup ini. Namun, kita harus mengerti bahwa Seniman Agung sedang membentuk kita melalui semua itu. Apapun yang terjadi dalam hidup ini memang ditujukan untuk membentuk kita agar hidup kita benar-benar sesuai dengan yang diinginkan-Nya.

Ibrani 12:6
“Tuhan menghajar orang yang dikasihi-Nya, dan Ia menyesah orang yang diakui-Nya sebagai anak.”

Saudaraku, jika kita ini memang anak-Nya dan dikasihi oleh-Nya, marilah kita menerima semua pencobaan dalam hidup ini sebagai didikan Tuhan yang sangat berharga. Tuhan memang mengajar dan menghajar kita melalui semua kesulitan itu. Jangan gampang mengeluh! Jangan gampang memprotes Tuhan! Jangan minta-minta Tuhan untuk menyingkirkan semua masalah dan penderitaan dalam hidup kita! Hadapilah semua masalah itu dengan penuh tanggung jawab! Jangan gampang menyerah!

Tuhan memang menyediakan jawaban dan jalan keluar dari semua permasalahan kita, tetapi bukan itu yang terpenting! Tuhan bukan pribadi yang bisa diperbudak untuk menyelesaikan semua permasalahan kita. Justru kita akan menemukan pendidikan yang sangat berharga di dalam proses menyelesaikan masalah. Pasti kita akan merasa sangat kesakitan dalam menjalaninya. Bertahanlah! Seperti pohon yang tersiksa ketika dibonsai, kita pun sedang dibentuk Tuhan dengan keras agar hidup kita menjadi semakin indah di mata-Nya. Amin.

Salam kebenaran,

Bagas Karyadi
✆ 08999778895
FB: fb.com/bagas.karyadi
Twitter: @bagaskaryadi

Catatan:

Doa dan harapan saya, renungan ini dan renungan-renungan berikutnya benar-benar membuat kehidupan rohani kita semakin bertumbuh menuju Kristus. Ikuti terus Renungan Harian Kristen yang Nyentrik dan Radikal berikutnya melalui Facebook atau Twitter saya! Jika Saudara rindu membagikan renungan ini, silahkan klik tombol berbagi yang ada di bawah. Tuhan Yesus memberkati.

1 Response to "Apakah Kita Menikmati Hajaran Tuhan?"

kuro priest said...

Lalu, bagaimana tanggapan anda tentang Matius 6:13 ?(ILT) "Dan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan, tetapi bebaskanlah kami dari yang jahat; karena punya-Mulah kerajaan dan kuasa dan kemuliaan sampai selamanya. Amin." Mks.