Bagas Karyadi
Shalom! Anda tinggal di Jakarta? Bergabunglah ke dalam KRISTA: Komunitas Kristen Jakarta, klik di sini!

Inilah Misteri Kebangkitan Yesus Kristus yang Berhasil Terungkap

INILAH MISTERI KEBANGKITAN YESUS KRISTUS YANG BERHASIL TERUNGKAP

Saudaraku, tepat hari ini kita memperingati kebangkitan Yesus Kristus. Kebangkitan Yesus Kristus menandakan bahwa hukuman kekal, yaitu maut atau kebinasaan abadi itu sudah ditiadakan. Pertanyaannya adalah apakah Yesus membangkitkan diri-Nya sendiri atau dibangkitkan oleh Allah Bapa? Mengapa Yesus bangkit? Apakah Ia bangkit karena Ia adalah Tuhan? Apakah Ia bangkit karena Ia adalah Anak Allah? Hal ini sangat menarik untuk dibahas karena kebenaran akan hal ini akan membuat kita semakin menghormati Tuhan dan Juru Selamat kita, Tuhan Yesus Kristus.

Berdasarkan Alkitab, jelas tertulis bahwa Yesus dibangkitkan oleh Allah. Hal ini tercatat jelas beberapa kali di Kitab Kisah Para Rasul (Kis. 2:32; Kis. 4:10; Kis. 7:37 Kis. 10:40; Kis. 13:37). Hal ini juga jelas tertulis dalam Roma 4:24b-25 yang berbunyi demikian “Sebab kepada kitapun Allah memperhitungkannya, karena kita percaya kepada Dia, yang telah membangkitkan Yesus, Tuhan kita, dari antara orang mati, yaitu Yesus, yang telah diserahkan karena pelanggaran kita dan dibangkitkan karena pembenaran kita.”

Kebenaran ini tidak bermaksud untuk merendahkan Tuhan Yesus Kristus. Justru, kita dapat melihat benang merah yang logis dari proses kematian Tuhan Yesus Kristus sampai pada kebangkitan-Nya. Kematian Tuhan Yesus Kristus adalah dampak dari keputusan Yesus Kristus untuk bersedia dihukum oleh karena dosa-dosa kita. Hanya ada satu hukuman, yaitu maut atau kebinasaan atau keterpisahan dengan Allah yang harus ditanggung oleh orang berdosa. Inilah yang menyebabkan Tuhan Yesus sempat berkata, “Allahku, Allahku mengapa Kau meninggalkanku?” Kematian Yesus Kristus adalah bukti bahwa Ia sedang menanggung hukuman yang seharusnya kita terima.

Bagaimana mungkin seseorang yang sedang dihukum mampu menyudahi hukumannya sendiri? Kebangkitan Yesus Kristus adalah tanda bahwa hukuman pada-Nya disudahi. Yesus yang sedang terhukum atau sedang berada terpisah dari Allah tidak mungkin memiliki kuasa untuk membangkitkan diri-Nya sendiri. Jelas, Yesus Kristus dibangkitkan oleh Allah Bapa. Hal yang menarik adalah alasan di balik itu! Mengapa Tuhan Yesus Kristus dibangkitkan? Roma 4:25 menjelaskan bahwa Ia dibangkitkan karena pembenaran kita. Artinya, Ia dibangkitkan karena Ia berhasil memperagakan Kebenaran sehingga Ia mampu membenarkan kita. Selain itu, Ibrani 5:7 juga menjelaskan bahwa Ia diselamatkan dari maut karena dalam hidup-Nya sebagai manusia, Ia telah mempersembahkan doa dan permohonan dengan ratap tangis dan keluhan kepada Allah Bapa dan karena kesalehan-Nya, Ia didengarkan oleh Allah Bapa.

Dengan demikian, ada alasan yang logis mengapa Yesus Kristus dibangkitkan oleh Allah Bapa. Yesus Kristus memang adalah Tuhan sekaligus Anak Allah. Namun, Yesus Kristus dibangkitkan bukan karena Ia adalah Tuhan atau Anak Allah. Ia dibangkitkan karena Ia telah mempersembahkan hidup-Nya yang berkenan bagi Allah Bapa sampai mati di atas kayu salib. Inilah alasan sebenarnya mengapa Ia bangkit. Alasan yang membuat kita sangat terharu dan terkagum-kagum atas perjuangan Yesus Kristus selama hidup di dunia. Ia melakukan semuanya untuk kita. Ia selalu hidup dalam kebenaran dan selalu menyenangkan hati Allah Bapa, tetapi Ia bersedia menderita, terhina, hancur, mati, terhukum, dan terpisah dari Allah Bapa karena Ia mau membatalkan hukuman yang seharusnya kita terima. Bertobatlah! Kasihilah Tuhan Yesus Kristus! Ia telah mengorbankan segalanya untuk kita. Amin.

Salam kebenaran,


Bagas Karyadi
✆ 08999778895
Facebook: fb.com/bagaskaryadi
Twitter: @bagaskaryadi

Catatan:

Doa dan harapan saya, renungan ini dan renungan-renungan berikutnya benar-benar membuat kehidupan rohani kita semakin bertumbuh menuju Kristus. Ikuti terus Renungan Harian Kristen yang Nyentrik dan Radikal berikutnya melalui Facebook atau Twitter saya! Jika Saudara rindu membagikan renungan ini, silahkan klik tombol berbagi yang ada di bawah. Tuhan Yesus memberkati.

9 Responses to "Inilah Misteri Kebangkitan Yesus Kristus yang Berhasil Terungkap"

Anonymous said...

Yohanes 10:18, Tidak seorang pun mengambilnya (mengambil Nyawa-
Ku) dari pada-Ku, melainkan Aku memberikannya menurut kehendak-Ku sendiri. Aku berkuasa memberikannya dan berkuasa mengambilnya kembali. Inilah tugas yang Kuterima dari Bapa-Ku."

Bagas Karyadi said...

Ayat tersebut memang terlihat paradoks dengan banyak ayat yang menegaskan bahwa Yesus dibangkitkan oleh Allah Bapa. Kata "berkuasa" pada ayat itu menggunakan kata "exousia". Kata "exousia" tidak berkaitan dengan kemampuan atau energi. Kata ini berkaitan dengan hak atau otoritas untuk melakukan atau memilih sesuatu. Dengan demikian, tafsiran yang paling tepat untuk ayat ini adalah Tuhan Yesus memiliki hak atau otoritas untuk mendapatkan nyawa-Nya kembali. Ia memiliki otoritas untuk itu karena Ia adalah Pelaksana tugas dari Allah Bapa. Dengan demikian, kuasa untuk membangkitkan Yesus Kristus jelas berasal dari Allah Bapa dan Tuhan Yesus berhak atas itu. Amin.

Anonymous said...

Adakah ayat Alkitab yang menyatakan Yesus dibangkitkan oleh BAPA?
Bukankah Alkitab menyatakan bahwa Yesus dibangkitkan oleh Allah, sedangkan Yoh 1:1 menjelaskan bahwa Yesus adalah Allah itu sendiri.

Bagas Karyadi said...

Kita sedang mengalami disorientasi ketritunggalan Allah. Anda harus memahami sistematika ketritunggalan Allah dulu.

Anonymous said...

Saya mau tanya sesuatu.. Yesus sudah dinubuatkan oleh nabi2 perjanjian lama bahwa Dia akan lahir ke dunia Dan nubuat dia mati pun ada... pertanyaan saya... Adakah nubuat nabi di perjanjian lama yang menyatakan yesus akan bangkit??.. Kalo ada berikan ayatnya Yang dari perjanjian lama Bukan perjanjian baru...

Bagas Karyadi said...

Silahkan membandingkan Kisah Para Rasul 2:22-28 dengan Mazmur 16:8-11. Dalam khotbahnya Petrus mengutip puisi Daud yang tercatat dalam Mazmur 16:8-11. Jadi, memang tidak secara eksplisit menunjukkan nubuatan terhadap kebangkitan Kristus. Namun, apa yang dikatakan dalam puisi Daud jelas merujuk pada kebangkitan Kristus. Amin.

Anonymous said...

Maaf mas,, mazmur itu kan isinya pujian dan lagu2 koq agak krg nyambung ya?? Lagipula kalo ga dijelaskan secara eksplisit, gimana anda bisa tau kalo itu utk yesus?

Bagas Karyadi said...

Itu karena Petrus yang mengutipnya. Silahkan bertanya kepada Pak Petrus nanti di sorga. :)

Frans Toem said...

Ini salah satu lagi dari sekian banyak mereka anti-Kristus. Saya tidak akan mendoakan kamu apalagi mencaci-maki kamu. Sungguh tekun dan ulet kalian ingin menghancurkan umat Kristen. Tapi karena Yesus Kristus telah mendirikan Gereja-Nya di atas batu karang, sekarang biarlah Panglima Perang Surga Santo Mikhael yang menghunuskan pedangnya atas nyawamu atas tulisan kamu di bawah ini:

"Namun, Yesus Kristus dibangkitkan bukan karena Ia adalah Tuhan atau Anak Allah. Ia dibangkitkan karena Ia telah mempersembahkan hidup-Nya yang berkenan bagi Allah Bapa sampai mati di atas kayu salib. Inilah alasan sebenarnya mengapa Ia bangkit."

Beberapa hari dari saat kamu membaca tulisan ini, kamu akan diadili oleh Panglima Perang Surga Santo Mikhael yang menghunuskan pedangnya atas nyawamu.